Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id

2 Kekurangan Dan Kelemahan Jika Membuat Artikel Mengenai Tips Atau Tutorial

Blog.awondis.id - Banyak bahan atau materi untuk membuat artikel yang akan ditayangkan di blog atau website seperti artikel mengenai makanan, traveling, politik, gadget, dan lain sebagainya yang disesuaikan dengan nichenya.

Menulis artikel yang berfokus pada pembahasan tutorial atau cara mengerjakan sesuatu tahap demi tahap juga biasanya menjadi pilihan para penulis.

Kekurangan dan kelemahan artikel turorial - Blog.awondis.id
Kekurangan dan kelemahan artikel turorial - Blog.awondis.id

Akan tetapi jika menulis artikel mengenai tutorial ternyata memiliki kekurangan dan kelemahannya. Apa minusnya?

Kekurangan artikel tutorial

Berikut Blog.awondis.id uraikan kekurangan dari membuat artikel tentang tutorial.

1. Akan expired

Panduan atau langkah dalam mengerjakan sesuatu misal:
  • Cara memasukkan admin di fanpage facebook
  • Cara daftar akun WhatsApp
  • Cara membuat akun di aplikasi bank
semuanya itu pada suatu saat akan berubah.

Perubahan itu terjadi dari adanya update website atau aplikasi seperti perubahan menu, letak, fitur dan lainnya. Jika sudah mengalami perubahan demikian maka artikel tutorial sudah tidak relevan lagi.

Misalkan suatu saat ada pengunjung atau pembaca website yang datang membaca artikel tersebut maka ia akan kesulitan memahami isi artikel disebabkan adanya perbedaan antara isi artikel dan aplikasi atau website yang dimaksud.

Selain itu artikel tutorial juga tidak termasuk artikel abadi (tidak akan terus terpakai). Contoh misalkan artikel "Cara menggunakan handphone Blackberry". Tentu artikel ini sudah ketinggalan zaman dan tidak ada lagi pengunjung atau pembaca yang akan menyimaknya.

2. Harus sering dicek dan diupdate

Jika memutuskan untuk menulis artikel tutorial maka artikel tersebut harus sering dicek apakah sudah ada update atau belum dari tutorial sebelumnya.

Jika sudah ada perubahan maka artikel harus segera disesuaikan misalkan diganti langkah-langkahnya berikut dengan gambar atau foto panduannya.

Kesimpulan

Memang memakan waktu jika menulis artikel mengenai tutorial. Pertama, harus menyiapkan gambar atau foto langkah demi langkah plus dengan penjabarannya.

Langkah ekstra diperlukan kembali setelah diketahui bahwa tutorial yang dijabarkan sudah ketinggalan dan perlu diupdate baik dari panduan dan juga gambar dan fotonya.

Jika memang memutuskan hendak menulis artikel mengenai tutorial alangkah baiknya yang ditulis adalah tutorial non update alias yang tidak memerlukan update misalkan artikel mengenai cara memasak bayam yang enak dan lainnya yang sifatnya artikel evergreen tidak akan basi dan tidak terbatas waktu.
Dukung Blog.awondis.id dalam membuat artikel atau konten yang bermanfaat dengan mengklik tombol di bawah ini. Terima kasih
Beri donasi atau traktiran via sociabuzz


Template Blogger Terbaik Rekomendasi